Visi Misi & Tema Pelayanan

URUSAN INTI (CORE BUSINESS)

Dalam hidup jemaat yang mula-mula jelas terasa bahwa gairah mereka sedemikian besar. Mereka dipenuhi cinta kasih yang sangat dalam dan tulus sehingga mereka rela membagi diri tanpa ragu. Mengapa demikian? Satu-satunya kesimpulan adalah jemaat mula-mula tersebut sungguh-sungguh mengalami perjumpaan dengan Allah dalam Tuhan Yesus. Bagi mereka Allah tidak merupakan sesuatu yang abstrak dan jauh. Allah hadir dan dialami kehadiranNya oleh mereka.

Bercermin kepada kenyataan itulah, GKI merumuskan bahwa yang menjadi urusan inti (Core Business) gereja (baca: jemaat-jemaat GKI, termasuk GKI Gunsa di dalamnya) adalah perjumpaan manusia dengan Allah dalam Tuhan Yesus. Perjumpaan berarti keintiman, persekutuan, komitmen, dan keindahan hubungan cinta kasih yang saling memberi dan sama-sama bertumbuh.

Sehat tidaknya sebuah jemaat ditentukan oleh frekwensi, kedalaman, kesungguhan dan kelanggengan peristiwa perjumpaan anggota jemaat dengan Tuhan Yesus. Indikator dari perjumpaan tadi adalah adanya persembahan diri dari para anggotanya, termasuk persembahan dana, waktu, perhatian, tenaga, usaha untuk menghasilkan nilai tambah, dan lain-lain.

PEMERCAYA (STAKE HOLDER)

Sejak dari awal berdirinya, gereja senantiasa memiliki orang-orang yang terlibat atau terkait dengan mereka, baik secara langsung seperti para anggota jemaat dan para rasul / pemimpin, maupun tidak langsung seperti anggota masyarakat sekitar, pemerintah, dan lain-lain. Mereka semuanya, ditambah dengan Tuhan Yesus sendiri sebagai Pendiri dan Sang Kepala Gereja, disebut pemercaya (istilah bahasa Inggris dari dunia manajemen adalah stake-holder) karena mereka memiliki kepentingan langsung atau tidak langsung dengan keberadaan gereja. Mereka juga memiliki harapan mengenai apa yang akan gereja lakukan.

Apabila keberadaan gereja mengabaikan salah satu di antara pemercaya itu, makan akan timbul masalah. Di antara pemercaya itu, Tuhan tentunya merupakan pemercaya yang utama.

VISI & MISI

Rumusan Visi GKI (SW) Jabar pada saat ini adalah:
Menjadi gereja yang mampu secara excellent memenuhi kebutuhan nyata dan mengerjakan yang benar bagi seluruh pemercayanya sesuai dengan core business-nya.

Rumusan Misi GKI (SW) Jabar pada saat ini adalah: Memfasilitasi terjadinya perjumpaan antara manusia dan Tuhan pada semua aras, yaitu individu, keluarga, kelompok, jemaat, Klasis, Sinode, antar gereja dan masyarakat, serta Menggarisbawahinya, Memperjelas maknanya, Memurnikannya, Memperseringnya, Memperdalam, Memperkaya, Memperkuat, dan Melanggengkannya.

TEMA PELAYANAN:

Tema pelayanan GKI Gunsa untuk tahun pelayanan 2010 - 2012 ditetapkan sebagai berikut: GKI Gunsa Sebagai Gereja Keluarga Yang Mengasihi, Peduli dan Berbagi Melalui Pemberdayaan Kaum Muda dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup.